GEMPA ACEH 2010

Gempa 7.2 SR Aceh 2010




Aceh diguncang gempa berkekuatan 7.2 SR pada hari rabu (7/4/2010) subuh tadi sekitar pukul 05.15. Gempa ini juga dilansir berpotensi menimbulkan tsunami. ya allah selamatkan lah masyarakat aceh dari gempa 2010 ini. Gempa aceh 2010 ini juga membuat warga Kota Medan dan sekitarnya panik. "Gempa terasa sekitar 3 menitan," kata Amri Sinulingga, warga Jl Pahlawan, No 14, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara, Gempa yang mengguncang Aceh di awal april 2010 ini dirasakan hampir sama kuatnya dengan gempa yang meluluh lantakkan aceh pada 2006 lalu. gempa 2010 ini berkekuatan 7.2 SR dan juga berpotensi menimbulkan tsunami.

Data dari Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu (7/4/2010), menyebutkan, gempa itu terjadi pukul 05.15 WIB.empa berkekuatan 7,2 SR itu berpotensi menimbulkan tsunami.

Titik pusat gempa di 2.33 LU – 97.02 BT dan berada di kedalaman 34 Km.Pusat gempa itu berada pada 75 km Tenggara Sinabang atau 85 Km Barat Laut Singkilbaru, NAD. Gempa tersebut berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Hingga beberapa saat sejumlah warga tampak masih bertahan di jalan-jalan atau di depan rumah mereka pascagempa.

"Gempanya kuat sekali. Kami takut dan terpaksa lari keluar rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diingini," ujar Masrianto, seorang warga Kecamatan Medan Johor.

Kepanikan serupa juga terjadi di Kota Binjai. Warga juga berlarian ke rumah saat gempa terjadi. "Kita takut gempanya bertambah kuat," ujar M Indra Tarigan, warga Komplek Karya Indah, Kecamatan Binjai Utara.

Meski getaran gempa cukup kuat dirasakan di Medan dan Binjai, namun tidak sampai merusak bangunan atau perabotan warga.

"Getarannya sangat kuat, perabotan sampai bergoyang hebat, tapi memang tidak sampai berjatuhan ke lantai," ujar Susan, warga Binjai yang bersama suami dan tiga anaknya juga lari keluar rumah ketika gempa terjadi.

Informasi yang diperoleh dari BMKG pada Rabu subuh menyebutkan, gempa tersebut berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) sekitar pukul 05.15 dan berpusat di kawasan Sinabang, NAD, dengan kedalaman sekitar 34 km.


0 Responses

Posting Komentar

abcs